Manusia dan Alam Pegunungan Dieng

SDM (Sumber Daya Manusia) atau penduduk di wilayah Dataran Tinggi Dieng berjurnlah 1.562.004 orang yang menempati areal wilayah seluas ± 1027.21 KM.
Sebagian besar penduduk Kawasan Dataran Tinggi Dieng terdiri dari Suku lawa Pegunungan, sebagian besar dari mereka adalah pemeluk agarna Islam yang patuh dan taat. Meskipun demikian, mereka tidak menutup diri terhadap pengaruh modernisasi dalam kehidupan sehari hari mereka,
hanya saja  mereka masih segan untuk melepaskan cara hidup tradisional seperti dalam acara adat Perkimpoian (Pernikahan) dan Khitanan.
Sedang letak astronomis ada pada sekitar 7,20º Lintang Selatan dan 109,92 º Bujur Timur dan pada ketinggian ketinggian ± 2.095m dpa.
Mungkin kalau pada Google Earth bisa dimasukkan Latitude: -7,20 dan Longitude: +109,92.


Dengan meningkatnya tingkat kunjungan wisatawan domestik dan wisatawan asing di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, maka pada umumnya penduduk di sekitar daerah wisata ini mendapat keuntungan / penghasilan tambahan dari hasil pertanian ataupun bekerja pada perusahaan perusahaan yang melayani kepentingan wisatawan tersebut, misalnya bekerja di hotel-hotel, restoran dan lain-lain.
Sebagian besar penduduk Wilayah Dataran Tinggi Dieng hidup dari hasil pertanian. Namun demikian karena pesatnya kemajuan dalam perekonomian sekarang ini, maka sebagian dari mereka sudah beralih mata pencaharian ke bidang lain misalnya bidang perdagangan ataupun kepegawaian sebagai karyawan di kantor kantor Pernerintahan.

Baca Juga >>  Geologi dan Hidrologi dataran Tinggi Dieng